Privacy policy
PT L’OREAL INDONESIA
Ambisi L’Oréal adalah menjadi sebuah korporasi teladan untuk membantu membangun dunia menjadi tempat yang lebih indah. Kami sangat menjunjung tinggi kejujuran dan kejelasan serta berkomitmen untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng dengan konsumen kami berdasarkan asas kepercayaan dan manfaat. Bagian dari komitmen ini adalah dengan mengamankan serta menghormati privasi Konsumen serta pilihan Konsumen. Menghormati privasi Konsumen adalah hal yang sangat penting bagi kami. Untuk itulah, kami menetapkan “Janji Privasi Kami” dan Kebijakan Privasi kami di bawah ini.
1. JANJI PRIVASI KAMI
- Kami menghormati privasi dan pilihan Konsumen.
- Kami menjamin adanya privasi dan keamanan dalam segala tindakan kami.
- Kami tidak mengirimkan komunikasi pemasaran kecuali Konsumen yang memintanya. Konsumen dapat berubah pikiran kapan saja.
- Kami tidak pernah menawarkan atau menjual data diri Konsumen.
- Kami berkomitmen untuk menjaga data Konsumen dengan aman dan terlindungi. Hal ini termasuk dengan hanya bekerja sama dengan pihak-pihak yang terpercaya.
- Kami berkomitmen untuk menggunakan data Konsumen secara terbuka dan transparan.
- Kami tidak akan menggunakan data Konsumen untuk tujuan yang belum kami beritahukan kepada Konsumen.
- Kami menghormati hak-hak Konsumen, dan akan selalu mencoba untuk mengakomodasi permintaan Konsumen sejauh mungkin, sesuai dengan tanggung jawab hukum dan tanggung jawab operasional kami.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai praktik privasi kami, berikut telah kami tentukan jenis-jenis data pribadi yang mungkin kami terima baik secara langsung dari Konsumen maupun dari interaksi Konsumen dengan kami, bagaimana cara kami mungkin menggunakan data tersebut, kepada siapa kami mungkin membagikan data tersebut, bagaimana cara kami melindungi dan menjaga data tersebut, dan hak-hak Konsumen terkait dengan data pribadi Konsumen. Tentu tidak semua situasi ini berlaku untuk Konsumen. Kebijakan Privasi ini memberikan Konsumen gambaran mengenai semua kemungkinan terjadinya situasi di mana terjadi interaksi antara Konsumen dan kami.
Semakin sering Konsumen berinteraksi dengan kami, semakin banyak data yang kami peroleh tentang Konsumen sehingga kami dapat memberikan pelayanan yang lebih sesuai untuk Konsumen.
Ketika Konsumen memberikan data pribadi Konsumen kepada kami atau ketika kami mendapatkan data pribadi Konsumen, kami akan menggunakan data tersebut sesuai dengan Kebijakan ini. Silakan baca informasi ini dengan saksama. Jika Konsumen memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai data pribadi Konsumen, Konsumen dapat menghubungi kami di consumeradvisory@loreal.com.
2. SIAPA KAMI
PT L'Oréal Indonesia bertanggung jawab atas data pribadi yang Konsumen bagikan kepada kami. Penyebutan "L’Oréal", "milik kami" atau "kami" mengacu kepada PT L'Oréal Indonesia. L'Oréal adalah "pengendali data" untuk tujuan undang-undang perlindungan data yang berlaku.
PT L'Oreal Indonesia
DBS Bank Tower level 29-30
Ciputra World I
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5
Jakarta Selatan 12940
Indonesia
3. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN DATA PRIBADI?
“Data pribadi” berarti semua keterangan atau potongan keterangan yang dapat mengidentifikasi Konsumen, baik secara langsung (contoh, nama Konsumen) atau tidak langsung (contoh, melalui data samaran seperti nomor ID yang unik). Dengan begitu, data pribadi Konsumen mencakup hal-hal seperti email/alamat/nomor telepon, nama pengguna, gambar profil, preferensi pribadi dan kebiasaan berbelanja, konten yang dihasilkan pengguna, data terkait keuangan, dan data terkait kemampuan finansial. Data pribadi juga meliputi tanda pengenal numerik yang unik seperti alamat IP komputer atau alamat Kontrol Akses Media perangkat genggam, dan kuki pada komputer Konsumen.
4. DATA APA SAJA YANG KAMI KUMPULKAN DARI KONSUMEN DAN BAGAIMANA CARA KAMI MENGGUNAKAN DATA TERSEBUT?
L’Oréal percaya bahwa Konsumen, sebagai seorang konsumen, adalah pusat dari segala hal yang kami lakukan. Kami senang mendengar dari Konsumen, memperoleh data tentang Konsumen, dan menciptakan dan menghasilkan produk yang Konsumen nikmati. Kami mengetahui bahwa banyak dari Konsumen yang senang berbicara dengan kami. Maka dari itu, terdapat banyak cara di mana Konsumen dapat membagi data pribadi Konsumen kepada kami, dan kemungkinan data Konsumen kami kumpulkan.
Bagaimana cara kami mengumpulkan atau menerima data Konsumen?
Kami mungkin mengumpulkan atau menerima data dari Konsumen melalui situs kami, formulir-formulir, aplikasi-aplikasi, perangkat-perangkat, produk L’Oréal atau halaman merek di media sosial atau sebaliknya. Data ini dapat Konsumen berikan kepada kami secara langsung (seperti ketika Konsumen membuat akun, ketika Konsumen menghubungi kami, ketika Konsumen membeli dari situs web/aplikasi atau toko/salon kecantikan), terkadang kami kumpulkan (seperti menggunakan kuki untuk memahami cara Konsumen menggunakan situs/aplikasi kami) atau kami terima dari pihak ketiga, termasuk entitas Grup L’Oréal yang lainnya.
Saat kami mengumpulkan data, kami menunjukkan bagian yang wajib diisi melalui tanda bintang di mana data tersebut diperlukan bagi kami untuk:
i. Melakukan kontrak kami dengan Konsumen (misalnya untuk mengirimkan produk yang telah Konsumen beli di situs web/aplikasi kami);
ii. Memberi Konsumen layanan yang Konsumen minta (mis. untuk memberi Konsumen buletin); atau
iii. Mematuhi persyaratan hukum (mis. penagihan).
Apabila Konsumen tidak menyediakan data yang ditandai dengan tanda bintang, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan kami dalam menyediakan produk dan pelayanan.
Ketentuan lebih lanjut ada pada tabel di bawah ini yang menjelaskan bahwa:
1) Dalam interaksi apa saja data Konsumen dapat tersedia atau dikumpulkan? Kolom ini menjelaskan aktivitas atau situasi yang melibatkan Konsumen ketika kami menggunakan atau mengumpulkan data Konsumen. Sebagai contoh, apakah Konsumen melakukan pembelian, mendaftar ke buletin, atau menjelajahi situs web/aplikasi.
2) Data pribadi apa saja yang mungkin kami terima secara langsung dari Konsumen ataupun yang kami dapatkan sebagai hasil dari interaksi Konsumen dengan kami? Kolom ini memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis data yang mungkin kami kumpulkan mengenai Konsumen berdasarkan situasi tertentu.
3) Bagaimana cara dan mengapa kami menggunakan data tersebut? Kolom ini memberikan penjelasan mengenai apa yang mungkin kami lakukan terhadap data Konsumen dan tujuan dari dikumpulkannya data tersebut.
4) Apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen? Kolom ini memberikan penjelasan mengenai alasan kami menggunakan data Konsumen.
Bergantung kepada tujuan digunakannya data Konsumen, dasar hukum dari pengolahan data tersebut dapat berupa:
i. Persetujuan Konsumen;
ii. Kepentingan kami yang sah, yaitu:
a. Penyempurnaan atas produk dan layanan kami: khususnya bagi kepentingan usaha kami agar kami dapat lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi Konsumen sehingga dapat meningkatkan pelayanan, situs/aplikasi/perangkat, produk dan merek kami demi kepentingan konsumen.
b. Pencegahan penipuan: untuk memastikan pembayaran selesai dan bebas dari penipuan dan penyalahgunaan.
c. Perlindungan terhadap peralatan kami: untuk menjaga agar peralatan yang Konsumen gunakan (situs/aplikasi/perangkat kami) aman dan terlindungi serta untuk memastikan bahwa peralatan tersebut bekerja dengan baik dan terus berkembang.
iii. Pelaksanaan suatu kontrak: khususnya untuk melaksanakan layanan yang Konsumen minta dari kami;
iv. Dasar hukum di mana suatu pengolahan diwajibkan oleh hukum.
Dalam interaksi apa saja di mana Konsumen menyediakan atau kami mengumpulkan data Konsumen? | Data pribadi apa yang kami mungkin dapatkan secara langsung dari Konsumen atau sebagai hasil dari interaksi Konsumen dengan kami? | Bagaimana dan mengapa kami menggunakan data Konsumen? | Apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen? |
---|---|---|---|
|
Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
|
Untuk:
|
|
Nawala dan layanan berlangganan komunikasi komersial |
Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
|
Untuk:
|
|
Pembelian dan manajemen pesanan |
Bergantung pada seberapa banyak Konsumen berinteraksi dengan kami, data tersebut mungkin termasuk:
|
Untuk:
|
Kepentingan yang sah Untuk melindungi Konsumen dan kami dari transaksi penipuan dan untuk memastikan pembayaran selesai dan bebas dari penipuan dan penyalahgunaan. |
Penelusuran daring
|
Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
|
Kami menggunakan Kuki, ketika relevan, dengan data pribadi lain yang telah Konsumen bagi dengan kami atau untuk tujuan berikut ini:
|
|
Operasi Promosional |
Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi
|
|
|
Konten yang Dihasilkan Pengguna |
Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
|
|
|
Penggunaan Aplikasi dan Perangkat |
Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi
|
Untuk:
|
|
Pertanyaan | Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi
|
|
|
Sponsor | Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
|
Untuk mengirimkan informasi mengenai produk kami dan/atau informasi yang tercantum dalam daftar keinginan kepada seseorang atas permintaan pihak lain. |
|
Pengambilan Keputusan Otomatis
Dalam rangka melindungi transaksi yang dilakukan melalui situs/aplikasi/perangkat kami dari penipuan dan penyalahgunaan, kami dapat menggunakan solusi dari pihak ketiga. Metode untuk melacak penipuan didasarkan pada, contohnya, perbandingan sederhana, asosiasi, pengelompokkan, prediksi dan pelacakan hal asing dengan menggunakan agen intelijen, teknik fusi data dan berbagai teknik penggalian data.
Proses deteksi penipuan ini dapat dilakukan secara otomatis sepenuhnya atau dapat melibatkan intervensi manusia di mana seseorang akan mengambil keputusan terakhir. Di kasus manapun, kami mengambil semua tindakan pencegahan dan penjagaan yang layak untuk membatasi akses kepada data Konsumen.
Sebagai hasil dari deteksi penipuan otomatis, Konsumen dapat (i) mengalami hambatan dalam proses pesanan/permintaan Konsumen ketika transaksi Konsumen sedang kami tinjau; (ii) dibatasi atau dikecualikan dari manfaat suatu layanan apabila terdapat risiko terjadinya penipuan. Konsumen berhak untuk mengakses informasi yang menjadi dasar dari keputusan kami. Silakan melihat bagian “Hak dan Pilihan Konsumen” di bawah ini.
Profilisasi
Ketika kami mengirimkan atau menampilkan komunikasi atau konten yang dipersonalisasi, kami mungkin menggunakan teknik yang dinamakan sebagai “profilisasi” (yaitu setiap proses yang diotomatisasi dari data pribadi yang terdiri dari penggunaan data tersebut untuk mengevaluasi aspek pribadi tertentu terkait dengan manusia, khususnya untuk menganalisis atau memprediksi aspek-aspek mengenai preferensi pribadi, minat, keadaan ekonomi, perilaku, lokasi, kesehatan, keKonsumenlan, atau gerakan manusia tersebut). Hal ini berarti kami mungkin mengumpulkan data pribadi Konsumen pada situasi-situasi berbeda yang telah dijelaskan dalam tabel di atas. Kami memusatkan data ini dan menganalisisnya untuk mengevaluasi dan memprediksi preferensi dan/atau minat pribadi Konsumen.
Berdasarkan analisis kami, kami mengirim atau menampilkan komunikasi dan/atau konten yang disesuaikan dengan minat/kebutuhan Konsumen.
Konsumen berhak untuk menolak penggunaan data Konsumen untuk “profilisasi” untuk keadaan tertentu. Silakan lihat bagian “Hak dan Pilihan Konsumen” di bawah ini.
Siapa yang dapat mengakses data pribadi Konsumen
Kami dapat membagi data pribadi Konsumen dalam Grup L’Oréal termasuk namun tidak terbatas dalam rangka mematuhi kewajiban hukum kami, mencegah terjadinya penipuan dan/atau mengamankan peralatan kami, meningkatkan kualitas produk dan layanan kami, atau setelah mendapatkan persetujuan Konsumen untuk melakukannya.
Bergantung pada tujuan dikumpulkannya data tersebut, dan atas dasar butuh-untuk-diketahui semata, beberapa data pribadi Konsumen dapat diakses oleh entitas Grup L’Oréal di dunia, di mana kemungkinan dengan samaran (tanpa identifikasi langsung), dan ketika dibutuhkan untuk menyediakan layanan yang Konsumen minta.
Kami juga dapat membagi data pribadi Konsumen secara disamarkan (tanpa identifikasi langsung) dengan ilmuwan Riset dan Inovasi L’Oréal, meliputi mereka yang terletak di luar Indonesia, untuk kepentingan riset dan inovasi.
Ketika diizinkan, kami juga dapat membagi data pribadi Konsumen termasuk data yang dikumpulkan melalui Kuki di antara merek-merek kami dalam rangka menyelaraskan dan memperbarui informasi yang Konsumen bagi dengan kami, untuk melaksanakan statistik berdasarkan karakteristik Konsumen dan untuk menyesuaikan komunikasi kami.
Mohon kunjungi situs Grup L’Oréal, untuk keterangan lebih lanjut mengenai Grup, merek, dan lokasi L’Oréal.
Kami dapat membagi data pribadi Konsumen untuk kepentingan pemasaran dengan pihak ketiga atau entitas dari Grup L’Oréal.
Kami hanya membagikan data pribadi Konsumen dengan pihak ketiga untuk tujuan pemasaran langsung dengan persetujuan Konsumen. Dalam konteks ini, data Konsumen diproses oleh pihak ketiga tersebut, yang bertindak sebagai pengendali data, dan syarat dan ketentuan serta pemberitahuan privasi pihak ketiga tersebut berlaku. Konsumen harus hati-hati memeriksa dokumentasi mereka sebelum menyetujui pengungkapan informasi Konsumen kepada pihak ketiga tersebut.
Data pribadi Konsumen juga dapat diproses atas nama kami oleh penyedia pihak ketiga kami yang tepercaya.
Kami dapat mengandalkan pihak ketiga yang terpercaya untuk melaksanakan berbagai operasi bisnis atas nama kami. Kami hanya menyediakan mereka dengan informasi yang mereka butuhkan saja untuk melaksanakan tugasnya, dan kami mewajibkan mereka untuk tidak menggunakan data pribadi Konsumen untuk tujuan lain. Kami selalu memberikan usaha terbaik untuk memastikan bahwa pihak ketiga yang bekerja dengan kami akan menyimpan data pribadi Konsumen dengan aman. Contohnya, kami mungkin menggunakan layanan yang mewajibkan pengolahan data pribadi Konsumen yaitu:
i. Pihak ketiga yang mendampingi dan membantu kami dalam menyediakan layanan digital dan e-commerce seperti pendengaran sosial, pencari toko, program loyalitas, manajemen identitas, peringkat dan ulasan, CRM, analisis web dan mesin pencari, alat kurasi konten yang dibuat pengguna;
ii. Agen periklanan, pemasaran, digital dan media sosial untuk membantu kami menyampaikan iklan, pemasaran, dan kampanye, untuk menganalisis keefektifannya, dan untuk mengelola kontak dan pertanyaan Konsumen;
iii. Pihak ketiga harus mengirimkan produk kepada Konsumen, mis. layanan pos/pengiriman;
iv. Pihak ketiga yang mendampingi dan membantu kami dalam menyediakan layanan TI, seperti penyedia platform, layanan hosting, pemeliharaan dan dukungan pada basis data kami serta pada perangkat lunak dan aplikasi kami yang mungkin berisi data tentang Konsumen (layanan semacam itu terkadang dapat menyiratkan akses ke data Konsumen untuk melakukan tugas yang diperlukan);
v. Penyedia layanan pembayaran dan agen referensi kredit untuk tujuan menilai skor kredit Konsumen dan memverifikasi detail Konsumen di mana ini merupakan syarat untuk membuat kontrak dengan Konsumen;
vi. Pihak ketiga yang membantu kami untuk tujuan perawatan pelanggan dan tata rias wajah.
Kami dapat mengungkapkan data pribadi Konsumen kepada pihak ketiga:
i. Ketika kami menjual bisnis atau aset apapun, di mana kami mungkin mengungkapkan data pribadi Konsumen ke calon pembeli dari bisnis atau aset tersebut. Apabila L’Oréal atau bagian dari asetnya diakuisisi oleh pihak ketiga, maka data pribadi pelanggan yang dipegang olehnya terkait dengan aset adalah salah satu aset yang dialihkan. Ketika sesuai, dalam kasus tersebut, pembeli bertindak sebagai pengendali data yang baru akan memproses data Konsumen dan kebijakan privasinya yang akan mengatur pengolahan data pribadi Konsumen.
ii. Apabila kami berkewajiban untuk mengungkapkan atau membagi data pribadi Konsumen untuk mematuhi kebijakan hukum, atau untuk memberlakukan atau mengaplikasikan syarat penggunaan atau syarat dan ketentuan lain kami yang telah Konsumen setujui; atau untuk melindungi hak, kekayaan, atau keamanan dari L’Oréal, pelanggan kami, atau pekerja.
iii. Apabila kami mempunyai persetujuan Konsumen untuk melakukan hal tersebut
iv. Atau apabila kami diizinkan oleh hukum.
Kami dapat mengungkapkan data pribadi Konsumen kepada rekan kami:
i. Ketika Konsumen berlangganan layanan yang dibuat bersama oleh L’Oréal dan rekan lain (contohnya, aplikasi yang dibuat bersama). Dalam kasus tersebut, L’Oréal dan rekan tersebut memproses data pribadi Konsumen sesuai dengan tujuan mereka masing-masing dan dengan demikian data Konsumen diproses:
a. Oleh L’Oréal sesuai dengan Kebijakan Privasi ini;
b. Oleh rekan yang juga bertindak sebagai pengendali data sesuai dengan syarat dan ketentuan mereka sendiri dan sesuai dengan kebijakan privasi mereka sendiri.
ii. Ketika Konsumen setuju untuk menerima komunikasi pemasaran dan komersial dari rekan L’Oréal melalui opsi masuk khusus (contohnya, melalui Aplikasi bermerek L’Oréal dan disediakan untuk rekannya). Dalam kasus tersebut, maka, kecuali ditentukan lain, data Konsumen diproses oleh rekan yang bertindak sebagai pengendali data sesuai dengan syarat dan ketentuannya sendiri, dan sesuai dengan kebijakan privasinya.
iii. Kami dapat mempublikasikan konten dukungan kami dari jejaring sosial. Jika Konsumen melihat konten dari jejaring sosial di situs web/aplikasi kami, Kuki dari jejaring sosial tersebut dapat disimpan di perangkat Konsumen. Kami mengundang Konsumen untuk membaca Kebijakan Kuki dari jejaring sosial ini untuk informasi lebih lanjut;
iv. Saat kami menggunakan layanan iklan Google di situs web/aplikasi kami, Google akan mengakses dan menggunakan data pribadi Konsumen. Jika Konsumen ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara Google menggunakan data pribadi Konsumen dalam konteks ini, silakan lihat Privasi & Persyaratan Google mereka, yang mengatur layanan dan pemrosesan data ini.
Informasi yang dikumpulkan dan dibagikan Facebook dengan kami
Semua fitur dan layanan Facebook yang tersedia di situs web/aplikasi kami diatur oleh Kebijakan Data Facebook, di mana Konsumen bisa mendapatkan info lebih lanjut tentang hak privasi dan opsi pengaturan Konsumen.
Dengan menggunakan situs web/aplikasi ini, Konsumen dapat:
i. Daftar dengan login Facebook Konsumen. Jika Konsumen melakukannya, Konsumen setuju untuk membagikan beberapa informasi profil publik Konsumen dengan kami;
ii. Gunakan plug-in sosial Facebook, seperti "suka" atau "berbagi" konten kami di platform Facebook;
iii. Terima kuki dari situs web/aplikasi ini (juga diidentifikasikan sebagai "Piksel Facebook") yang akan membantu kami memahami aktivitas Konsumen, termasuk informasi tentang perangkat Konsumen, cara Konsumen menggunakan layanan kami, pembelian yang Konsumen lakukan, dan iklan yang Konsumen lihat, apakah Konsumen atau bukan Konsumen memiliki akun Facebook atau masuk ke Facebook. Saat Konsumen menggunakan fitur Facebook tersebut, kami mengumpulkan data yang membantu kami untuk:
a. Menunjukkan Konsumen iklan yang mungkin Konsumen tertarik di Facebook (atau Instagram, Messenger atau layanan Facebook lainnya);
b. Mengukur dan menganalisis keefektifan situs/aplikasi dan iklan kami
Kami juga dapat menggunakan informasi pribadi yang Konsumen berikan kepada kami di situs web/aplikasi ini (seperti nama dan nama keluarga, email, alamat, jenis kelamin, dan nomor telepon Konsumen) untuk mengidentifikasi Konsumen di Facebook (atau Instagram, Messenger atau layanan Facebook lainnya) secara berurutan untuk menampilkan iklan yang lebih relevan untuk Konsumen. Saat melakukan ini, Facebook tidak akan membagikan informasi pribadi Konsumen dan akan segera menghapus informasi tersebut setelah proses pencocokan selesai.
Kami tidak menawarkan atau menjual data pribadi Konsumen.
Di mana Kami Menyimpan Data Pribadi Konsumen
Data yang kami kumpulkan dari Konsumen disimpan di tempat penyimpanan yang aman dan sah.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami sesuai bagian "Kontak" di bawah ini.
Berapa Lama Kami Menyimpan Data Pribadi Konsumen
Kami hanya menyimpan data pribadi Konsumen selama kami membutuhkannya untuk tujuan kami menyimpan data pribadi Konsumen, untuk memenuhi kebutuhan Konsumen, atau untuk mematuhi kewajiban hukum kami.
Untuk menentukan periode penyimpanan data Konsumen, kami menggunakan kriteria berikut:
i. Di mana Konsumen membeli produk dan layanan, kami menyimpan data pribadi Konsumen selama hubungan kontraktual kita;
ii. Di mana Konsumen berpartisipasi dalam penawaran promosi, kami menyimpan data pribadi Konsumen selama penawaran promosi;
iii. Saat Konsumen menghubungi kami untuk pertanyaan, kami menyimpan data pribadi Konsumen selama durasi yang diperlukan untuk memproses pertanyaan Konsumen;
iv. Di mana Konsumen membuat akun, kami menyimpan data pribadi Konsumen sampai Konsumen meminta kami untuk menghapusnya atau setelah periode tidak aktif (tidak ada interaksi aktif dengan merek) yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan pedoman setempat;
v. Jika Konsumen telah menyetujui pemasaran langsung, kami menyimpan data pribadi Konsumen sampai Konsumen berhenti berlangganan atau meminta kami untuk menghapusnya atau setelah periode tidak aktif (tidak ada interaksi aktif dengan merek) yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan panduan setempat;
vi. Jika kuki ditempatkan di komputer Konsumen, kami menyimpannya selama diperlukan untuk mencapai tujuannya (misalnya selama sesi kuki keranjang belanja atau kuki ID sesi) dan untuk jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan panduan setempat.
Kami dapat menyimpan data pribadi untuk mematuhi kewajiban hukum kami, serta agar kami dapat mengelola hak kami (contohnya untuk mengajukan tuntutan ke Pengadilan), atau untuk kepentingan statistik atau historis.
Ketika kami tidak lagi membutuhkan data pribadi Konsumen, data tersebut akan dihapus dari sistem dan catatan kami atau disamarkan agar Konsumen tidak lagi dapat diidentifikasi dari data itu.
Apakah Data Pribadi Konsumen Aman?
Kami berkomitmen untuk menyimpan data pribadi Konsumen dengan aman, dan melakukan segala tindakan pencegahan yang wajar. Kami secara kontraktual mewajibkan pihak ketiga (apabila ada) yang menangani data pribadi Konsumen untuk melakukan hal yang sama.
Kami selalu memberikan usaha terbaik untuk melindungi data pribadi Konsumen dan ketika kami sudah menerima data pribadi Konsumen, kami menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan untuk mencegah akses yang tidak sah. Karena transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman, kami tidak dapat menjamin perlindungan data Konsumen yang ditransmisikan ke situs kami. Dengan demikian, transmisi apapun merupakan risiko yang harus Konsumen tanggung.
Tautan ke Situs Pihak Ketiga dan Login Sosial
Situs dan aplikasi kami dari waktu ke waktu dapat mengandung tautan ke dan dari situs dari rekan jaringan, pengiklan, dan afiliasi kami. Apabila Konsumen mengikuti suatu tautan ke situs tersebut, harap diingat bahwa situs tersebut memiliki kebijakan privasinya masing-masing dan kami tidak bertanggung jawab atas kebijakan tersebut. Silakan memeriksa kebijakan ini sebelum Konsumen memasukan data pribadi Konsumen ke situs-situs tersebut.
Kami juga dapat menawarkan Konsumen kesempatan untuk menggunakan login media sosial Konsumen. Apabila Konsumen menggunakannya, harap Konsumen ketahui bahwa Konsumen membagi informasi profil Konsumen dengan kami berdasarkan pengaturan sarana media sosial Konsumen. Silakan mengunjungi sarana media sosial yang relevan dan meninjau kebijakan privasi untuk memahami bagaimana cara data pribadi Konsumen dibagi dan digunakan dalam konteks ini.
Media Sosial dan Konten yang Dihasilkan oleh Pengguna
Sebagian situs dan aplikasi kami memperbolehkan pengguna untuk memasukkan konten mereka sendiri. Harap diingat bahwa setiap konten yang dimasukkan ke salah satu sarana media sosial kami dapat dilihat oleh umum, sehingga Konsumen harus berhati-hati dalam memberikan data pribadi tertentu seperti informasi keuangan atau rincian alamat. Kami tidak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh orang lain apabila Konsumen memasukkan data pribadi Konsumen ke salah satu sarana media sosial kami dan kami merekomendasikan Konsumen untuk tidak membagikan informasi tersebut.
5. HAK DAN PILIHAN KONSUMEN
L’Oreal menghormati hak atas privasi yang Konsumen miliki: penting bagi Konsumen untuk mengendalikan data pribadi Konsumen. Konsumen memiliki hak sebagai berikut:
Hak |
Apa artinya? |
---|---|
Hak untuk diberitahu |
Konsumen berhak untuk mendapatkan informasi yang jelas, transparan, dan mudah dimengerti mengenai bagaimana cara kami menggunakan data pribadi Konsumen, serta hak yang Konsumen miliki. Inilah mengapa kami menyediakan Konsumen dengan informasi yang ada dalam Kebijakan ini. |
Hak atas akses |
Konsumen berhak untuk mengakses data pribadi yang kami simpan tentang Konsumen (tunduk pada batasan tertentu). |
Hak atas rektifikasi |
Konsumen berhak atas perbaikan data pribadi Konsumen apabila terdapat kesalahan atau merupakan data lama dan/atau melengkapinya apabila tidak lengkap. Untuk melakukan hal ini, Konsumen dapat menghubungi kami pada rincian di bawah ini. Jika Konsumen memiliki akun, akan lebih mudah bagi Konsumen untuk membetulkan sendiri data Konsumen melalui fungsi “Akun Saya”. |
Hak atas penghapusan/hak untuk dilupakan |
Dalam kasus tertentu, Konsumen berhak untuk meminta agar data pribadi Konsumen dihapus. Harap diingat bahwa ini bukan merupakan hak absolut, karena kami memiliki dasar hukum atau dasar yang sah untuk menahan data pribadi Konsumen. |
Hak untuk menolak pemasaran langsung, termasuk profilisasi |
Konsumen dapat berhenti berlangganan atau keluar dari komunikasi pemasaran langsung kami pada setiap waktu. Jika Konsumen ingin menolak profilisasi, silakan menghubungi kami pada rincian di bawah ini. |
Hak untuk menarik persetujuan pada setiap waktu untuk pengolahan data berdasarkan persetujuan |
Konsumen dapat menarik persetujuan Konsumen terhadap pengolahan data Konsumen ketika pengolahan tersebut didasarkan pada persetujuan. Penarikan persetujuan tersebut tidak mempengaruhi keabsahan pengolahan berdasarkan persetjuan sebelum penarikannya. Kami merujuk pada tabel yang ada pada bagian “data apa saja yang kami kumpulkan dari Konsumen dan bagaimana cara kami menggunakan data tersebut” khususnya kolom “apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?” untuk mengidentifikasi di mana pengolahan kami didasarkan pada persetujuan. |
Hak untuk menolak pengolahan berdasarkan kepentingan yang sah |
Konsumen dapat setiap waktu menolak pengolahan data Konsumen apabila pengolahan tersebut didasarkan pada kepentingan yang sah. Kami merujuk pada tabel di bagian “data apa saja yang kami kumpulkan dari Konsumen dan bagaimana cara kami menggunakan data tersebut” khususnya kolom “apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?” untuk mengidentifikasi pengolahan kami yang didasarkan pada kepentingan yang sah. Untuk melakukan hal tersebut, silakan hubungi kami pada rincian di bawah ini. |
Hak untuk mengajukan keluhan dengan kewenangan pengawasan |
Konsumen berhak untuk menghubungi pihak berwenang di bidang perlindungan data negara Konsumen untuk mengajukan keluhan terhadap perlindungan data dan praktik privasi L’Oréal. |
Hak atas portabilitas data |
Konsumen berhak untuk memindahkan, menyalin atau mentransfer data dari basis data kami ke basis data lainnya. Hal ini hanya berlaku untuk data yang Konsumen sediakan, di mana pengolahan didasarkan pada sebuah kontrak atau persetujuan Konsumen, dan pengolahan dilakukan secara otomatis. Kami merujuk pada tabel di bagian “data apa saja yang kami kumpulkan dari Konsumen dan bagaimana cara kami menggunakan data tersebut” khususnya kolom “apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?” untuk mengidentifikasi pengolahan kami yang didasarkan pada pelaksanaan suatu kontrak atau persetujuan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami pada rincian di bawah ini. |
Hak atas pelarangan |
Konsumen berhak untuk meminta pelarangan terhadap pengolahan data Konsumen oleh kami. Hak ini berarti pengolahan data Konsumen oleh kami dilarang, sehingga kami dapat menyimpannya, akan tetapi tidak dapat memprosesnya lebih lanjut. |
Hak untuk menon-aktifkan Kuki |
Konsumen berhak untuk menon-aktifkan Kuki. Pengaturan dari penelusur web umumnya diprogram secara otomatis untuk menerima Kuki, akan tetapi Konsumen dapat dengan mudah mengubahnya dengan mengganti pengaturan penelusur web Konsumen. |
Untuk menangani permintaan Konsumen, kami mungkin meminta bukti identitas Konsumen.
6. KONTAK
Apabila Konsumen memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang bagaimana kami memperlakukan dan menggunakan data pribadi Konsumen, atau ingin menggunakan hak Konsumen di atas, silakan hubungi kami di consumeradvisory@loreal.com.