Main content

Privasi & Keamanan

PT L’OREAL INDONESIA

Ambisi L’Oréal adalah menjadi sebuah korporasi teladan untuk membantu membangun dunia menjadi tempat yang lebih indah. Kami sangat menjunjung tinggi kejujuran dan kejelasan serta berkomitmen untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng dengan konsumen kami berdasarkan asas kepercayaan dan manfaat. Bagian dari komitmen ini adalah dengan mengamankan serta menghormati privasi Konsumen serta pilihan Konsumen. Menghormati privasi Konsumen adalah hal yang sangat penting bagi kami. Untuk itulah, kami menetapkan “Janji Privasi Kami” dan Kebijakan Privasi kami di bawah ini.

1. JANJI PRIVASI KAMI

  1. Kami menghormati privasi dan pilihan Konsumen.
  2. Kami menjamin adanya privasi dan keamanan dalam segala tindakan kami.
  3. Kami tidak mengirimkan komunikasi pemasaran kecuali Konsumen yang memintanya. Konsumen dapat berubah pikiran kapan saja.
  4. Kami tidak pernah menawarkan atau menjual data diri Konsumen.
  5. Kami berkomitmen untuk menjaga data Konsumen dengan aman dan terlindungi. Hal ini termasuk dengan hanya bekerja sama dengan pihak-pihak yang terpercaya.
  6. Kami berkomitmen untuk menggunakan data Konsumen secara terbuka dan transparan. 
  7. Kami tidak akan menggunakan data Konsumen untuk tujuan yang belum kami beritahukan kepada Konsumen.
  8. Kami menghormati hak-hak Konsumen, dan akan selalu mencoba untuk mengakomodasi permintaan Konsumen sejauh mungkin, sesuai dengan tanggung jawab hukum dan tanggung jawab operasional kami.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai praktik privasi kami, berikut telah kami tentukan jenis-jenis data pribadi yang mungkin kami terima baik secara langsung dari Konsumen maupun dari interaksi Konsumen dengan kami, bagaimana cara kami mungkin menggunakan data tersebut, kepada siapa kami mungkin membagikan data tersebut, bagaimana cara kami melindungi dan menjaga data tersebut, dan hak-hak Konsumen terkait dengan data pribadi Konsumen. Tentu tidak semua situasi ini berlaku untuk Konsumen. Kebijakan Privasi ini memberikan Konsumen gambaran mengenai semua kemungkinan terjadinya situasi di mana terjadi interaksi antara Konsumen dan kami.

Semakin sering Konsumen berinteraksi dengan kami, semakin banyak data yang kami peroleh tentang Konsumen sehingga kami dapat memberikan pelayanan yang lebih sesuai untuk Konsumen.

Ketika Konsumen memberikan data pribadi Konsumen kepada kami atau ketika kami mendapatkan data pribadi Konsumen, kami akan menggunakan data tersebut sesuai dengan Kebijakan ini. Silakan baca informasi ini dengan saksama. Jika Konsumen memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai data pribadi Konsumen, Konsumen dapat menghubungi kami di consumeradvisory@loreal.com.

 

2. SIAPA KAMI

PT L'Oréal Indonesia bertanggung jawab atas data pribadi yang Konsumen bagikan kepada kami. Penyebutan "L’Oréal", "milik kami" atau "kami" mengacu kepada PT L'Oréal Indonesia. L'Oréal adalah "pengendali data" untuk tujuan undang-undang perlindungan data yang berlaku.

PT L'Oreal Indonesia
DBS Bank Tower level 29-30
Ciputra World I
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5
Jakarta Selatan 12940
Indonesia

 

3. APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN DATA PRIBADI?

“Data pribadi” berarti semua keterangan atau potongan keterangan yang dapat mengidentifikasi Konsumen, baik secara langsung (contoh, nama Konsumen) atau tidak langsung (contoh, melalui data samaran seperti nomor ID yang unik). Dengan begitu, data pribadi Konsumen mencakup hal-hal seperti email/alamat/nomor telepon, nama pengguna, gambar profil, preferensi pribadi dan kebiasaan berbelanja, konten yang dihasilkan pengguna, data terkait keuangan, dan data terkait kemampuan finansial. Data pribadi juga meliputi tanda pengenal numerik yang unik seperti alamat IP komputer atau alamat Kontrol Akses Media perangkat genggam, dan kuki pada komputer Konsumen.


4. DATA APA SAJA YANG KAMI KUMPULKAN DARI KONSUMEN DAN BAGAIMANA CARA KAMI MENGGUNAKAN DATA TERSEBUT?

L’Oréal percaya bahwa Konsumen, sebagai seorang konsumen, adalah pusat dari segala hal yang kami lakukan. Kami senang mendengar dari Konsumen, memperoleh data tentang Konsumen, dan menciptakan dan menghasilkan produk yang Konsumen nikmati. Kami mengetahui bahwa banyak dari Konsumen yang senang berbicara dengan kami. Maka dari itu, terdapat banyak cara di mana Konsumen dapat membagi data pribadi Konsumen kepada kami, dan kemungkinan data Konsumen kami kumpulkan.

Bagaimana cara kami mengumpulkan atau menerima data Konsumen?

Kami mungkin mengumpulkan atau menerima data dari Konsumen melalui situs kami, formulir-formulir, aplikasi-aplikasi, perangkat-perangkat, produk L’Oréal atau halaman merek di media sosial atau sebaliknya. Data ini dapat Konsumen berikan kepada kami secara langsung (seperti ketika Konsumen membuat akun, ketika Konsumen menghubungi kami, ketika Konsumen membeli dari situs web/aplikasi atau toko/salon kecantikan), terkadang kami kumpulkan (seperti menggunakan kuki untuk memahami cara Konsumen menggunakan situs/aplikasi kami) atau kami terima dari pihak ketiga, termasuk entitas Grup L’Oréal yang lainnya.

Saat kami mengumpulkan data, kami menunjukkan bagian yang wajib diisi melalui tanda bintang di mana data tersebut diperlukan bagi kami untuk:
i.    Melakukan kontrak kami dengan Konsumen (misalnya untuk mengirimkan produk yang telah Konsumen beli di situs web/aplikasi kami);
ii.    Memberi Konsumen layanan yang Konsumen minta (mis. untuk memberi Konsumen buletin); atau
iii.    Mematuhi persyaratan hukum (mis. penagihan).

Apabila Konsumen tidak menyediakan data yang ditandai dengan tanda bintang, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan kami dalam menyediakan produk dan pelayanan.

Ketentuan lebih lanjut ada pada tabel di bawah ini yang menjelaskan bahwa:
1)    Dalam interaksi apa saja data Konsumen dapat tersedia atau dikumpulkan? Kolom ini menjelaskan aktivitas atau situasi yang melibatkan Konsumen ketika kami menggunakan atau mengumpulkan data Konsumen. Sebagai contoh, apakah Konsumen melakukan pembelian, mendaftar ke buletin, atau menjelajahi situs web/aplikasi.
2)    Data pribadi apa saja yang mungkin kami terima secara langsung dari Konsumen ataupun yang kami dapatkan sebagai hasil dari interaksi Konsumen dengan kami? Kolom ini memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis data yang mungkin kami kumpulkan mengenai Konsumen berdasarkan situasi tertentu.
3)    Bagaimana cara dan mengapa kami menggunakan data tersebut? Kolom ini memberikan penjelasan mengenai apa yang mungkin kami lakukan terhadap data Konsumen dan tujuan dari dikumpulkannya data tersebut.
4)    Apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen? Kolom ini memberikan penjelasan mengenai alasan kami menggunakan data Konsumen.

Bergantung kepada tujuan digunakannya data Konsumen, dasar hukum dari pengolahan data tersebut dapat berupa:
i.    Persetujuan Konsumen;
ii.    Kepentingan kami yang sah, yaitu:

a.  Penyempurnaan atas produk dan layanan kami: khususnya bagi kepentingan usaha kami agar kami dapat lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi Konsumen sehingga dapat meningkatkan pelayanan, situs/aplikasi/perangkat, produk dan merek kami demi kepentingan konsumen.
b.  Pencegahan penipuan: untuk memastikan pembayaran selesai dan bebas dari penipuan dan penyalahgunaan.
c.  Perlindungan terhadap peralatan kami: untuk menjaga agar peralatan yang Konsumen gunakan (situs/aplikasi/perangkat kami) aman dan terlindungi serta untuk memastikan bahwa peralatan tersebut bekerja dengan baik dan terus berkembang.

iii.    Pelaksanaan suatu kontrak: khususnya untuk melaksanakan layanan yang Konsumen minta dari kami;
iv.    Dasar hukum di mana suatu pengolahan diwajibkan oleh hukum.

 

Dalam interaksi apa saja di mana Konsumen menyediakan atau kami mengumpulkan data Konsumen? Data pribadi apa yang kami mungkin dapatkan secara langsung dari Konsumen atau sebagai hasil dari interaksi Konsumen dengan kami?  Bagaimana dan mengapa kami menggunakan data Konsumen? Apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?


Pembuatan Akun dan Manajemen

 Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
  • Nama depan dan nama belakang;
  • Jenis kelamin;
  • Alamat email;
  • Alamat;
  • Nomor telepon;
  • Foto;
  • Ulang tahun atau rentang usia;
  • ID, nama pengguna, dan kata sandi
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Rincian pesanan (apabila berlaku);
  • Profil media sosial (di mana Konsumen menggunakan login sosial atau membagi data pribadi ini dengan kami).

Untuk:

  • Mengelola pesanan Konsumen;
  • Mengelola kompetisi, promosi, survei atau kontes yang Konsumen ikuti;
  • Menanggapi pertanyaan Konsumen dan apabila tidak berinteraksi dengan Konsumen;
  • Memperbolehkan Konsumen untuk mengelola preferensi Konsumen;
  • Mengirimkan komunikasi pemasaran kepada Konsumen (yang telah Konsumen minta) yang mungkin akan disesuaikan dengan "profil" Konsumen (yaitu berdasarkan data pribadi yang kami ketahui tentang Konsumen dan preferensi Konsumen);
  • Menawarkan layanan yang dipersonalisasi berdasarkan ciri-ciri Konsumen;
  • Mengawasi dan meningkatkan situs/aplikasi kami;
  • Mengawasi dan meningkatkan situs/aplikasi kami;
  • Menjaga situs/aplikasi kami dan melindungi Konsumen dari penipuan.
     

  • Pelaksanaan Perjanjian
    Untuk menyediakan pelayanan yang sesuai dengan permintaan Konsumen (contohnya membuat akun, menyelesaikan survei, atau membeli suatu produk (apabila berlaku)).

  • Persetujuan
    Mengirimkan Konsumen komunikasi pemasaran secara langsung

  • Kepentingan yang sah
    Untuk memastikan bahwa situs/aplikasi kami tetap terjaga, untuk melindunginya dari penipuan, dan untuk membantu kami lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi Konsumen sehingga dapat meningkatkan pelayanan, produk, dan merek kami.
Nawala dan layanan berlangganan komunikasi komersial

Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:

  • Alamat email;
  • Nama depan dan nama belakang;
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Profil media sosial (di mana Konsumen menggunakan login sosial atau membagi data pribadi ini dengan kami).

Untuk:

  • Mengirimkan Konsumen komunikasi pemasaran (yang telah Konsumen minta) yang mungkin telah disesuaikan dengan “profil” Konsumen berdasarkan data pribadi yang kami ketahui tentang Konsumen, serta preferensi Konsumen (termasuk lokasi dari toko favorit Konsumen);
  • Menjalankan analisis atau mengumpulkan statistik.
  • Menyimpan daftar mengenai penghentian langganan pengiriman email apabila Konsumen meminta untuk tidak dihubungi.
     

  • Persetujuan
    Untuk mengirimkan komunikasi pemasaran secara langsung kepada Konsumen.

     
  • Kepentingan yang sah
    Untuk menyesuaikan komunikasi pemasaran kami, memahami efektivitasnya, dan memastikan Konsumen mendapatkan pengalaman yang paling relevan; untuk membantu kami lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi Konsumen sehingga dapat meningkatkan pelayanan, produk, dan merek kami.

     
  • Dasar hukum
    Menyimpan rincian diri Konsumen pada daftar mengenai penghentian langganan pengiriman email apabila Konsumen meminta untuk tidak lagi kami kirimkan pemasaran langsung.

Pembelian dan manajemen pesanan

Bergantung pada seberapa banyak Konsumen berinteraksi dengan kami, data tersebut mungkin termasuk:
  • Nama dan nama keluarga;
  • Alamat email;
  • Alamat (pengiriman dan faktur);
  • Nomor telepon;
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Profil media sosial (di mana Konsumen menggunakan login sosial atau membagikan data pribadi ini dengan kami);
  • Informasi transaksi termasuk produk yang dibeli dan lokasi toko;
  • Pembayaran dan informasi; atau
  • Sejarah pembelian

Untuk:

  • Menghubungi Konsumen untuk menyelesaikan pesanan Konsumen di mana Konsumen telah menyimpan keranjang belanja atau menempatkan produk di keranjang Konsumen tanpa menyelesaikan proses checkout;
  • Memberi tahu Konsumen saat produk yang ingin Konsumen beli tersedia;
  • Memproses dan mengikuti pesanan Konsumen termasuk mengirimkan produk ke alamat yang Konsumen sebutkan;
  • Kelola pembayaran pesanan Konsumen. Untuk diperhatikan, informasi pembayaran (nomor kartu kredit/ informasi Paypal/detail rekening bank) tidak dikumpulkan oleh kami tetapi langsung oleh penyedia layanan pembayaran;
  • Mengelola setiap kontak yang Konsumen miliki dengan kami terkait pesanan Konsumen;
  • Amankan transaksi dari penipuan. Untuk diperhatikan, kami menggunakan solusi penyedia pihak ketiga untuk mendeteksi penipuan dan memastikan pembayaran selesai dan dilakukan oleh Konsumen atau seseorang yang diberi wewenang oleh Konsumen;
  • Perkaya profil Konsumen jika Konsumen melakukan pembelian menggunakan informasi akun Konsumen;
  • Mengukur kepuasan;
  • Mengelola setiap perselisihan yang terkait dengan pembelian;
  • Untuk keperluan statistik.
     

Kepentingan yang sah
Untuk melindungi Konsumen dan kami dari transaksi penipuan dan untuk memastikan pembayaran selesai dan bebas dari penipuan dan penyalahgunaan.

Penelusuran daring


 

Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:

  • Data terkait dengan penggunaan Konsumen atas situs/aplikasi kami;
  • Darimana Konsumen berasal;
  • Rincian masuk;
  • Halaman yang telah Konsumen lihat;
  • Video yang telah Konsumen tonton;
  • Iklan yang Konsumen klik atau ketuk;
  • Produk yang Konsumen cari;
  • Lokasi Konsumen;
  • Lama waktu kunjungan Konsumen.
  • Informasi teknis:
  • Alamat IP;
  • Informasi penelusur web;
  • Informasi perangkat.
  • Pengidentifikasi unik yang diberikan kepada setiap pengunjung dan tanggal kadaluarsa dari pengidentifikasi tersebut.
     

Kami menggunakan Kuki, ketika relevan, dengan data pribadi lain yang telah Konsumen bagi dengan kami atau untuk tujuan berikut ini:

  • Agar situs/aplikasi kami dapat berfungsi dengan baik:
    • Penampilan konten yang baik;
    • Pembuatan dan pengingatan suatu troli;
    • Pembuaran dan pengingatan login Konsumen;
    • Personalisasi antarmuka seperti bahasa;
    • Parameter yang terlampir pada perangkat Konsumen meliputi resolusi layar Konsumen, dll;
    • Peningkatan kualitas situs/aplikasi kami, sebagai cotnoh seperti menguji ide baru.
  • Untuk memastikan situs/aplikasi terjaga dan aman serta melindungi Konsumen dari penipuan atau penyalahgunaan dari situs atau layanan kami, contohnya dengan melaksanakan pemecahan masalah.
  • Untuk menjalankan statistik:
    • Untuk menghindari pencatatan pengunjung sebanyak dua kali;
    • Untuk mengetahui reaksi pengguna terhadap kampanye pengiklanan kami;
    • Untuk meningkatkan kualitas penawaran kami;
    • Untuk mengetahui bagaimana cara Konsumen menemukan situs/aplikasi kami.
    • Untuk menyampaikan iklan berdasarkan perilaku:
    • Untuk menunjukan iklan daring untuk produk yang mungkin Konsumen minati, berdasarkan perilaku Konsumen sebelumnya;
    • Untuk menunjukan iklan dan koten pada sarana media sosial.
  • Untuk menyesuaikan layanan kami untuk Konsumen:
    • Untuk mengirimkan Konsumen rekomendasi, pemasaran, atau konten berdasarkan profil dan minat Konsumen;
    • Untuk menampilkan situs/aplikasi kami dengan telah disesuaikan seperti mengingat troli atau login Konsumen, bahasa Konsumen, kuki kustomisasi antarmuka-pengguna (yaitu parameter terlampir pada perangkat Konsumen meliputi resolusi layar Konsumen, preferensi rupa huruf, dll).
  • Untuk memperbolehkan pembagian konten kami ke media sosial (tombol berbagi yang bertujuan untuk menampilkan situsnya).
     

  • Kepentingan yang sah
    Untuk memastikan bahwa kami menyediakan Konsumen dengan situs/aplikasi, pengiklanan dan komunikasi yang bekerja dengan baik serta secara terus-menerus membaik untuk kuki yang (i) esensial bagi fungsi situs/aplikasi kami, (ii) digunakan untuk menjaga agar situs/aplikasi kami aman dan terjaga.

     
  • Persetujuan
    Untuk semua kuki lain.

Operasi Promosional

Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi
  • Nama depan dan nama belakang;
  • Alamat email;
  • Nomor telepon;
  • Tanggal lahir;
  • Jenis kelamin;
  • Alamat;
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Profil media sosial (di mana Konsumen menggunakan login sosial atau membagi data pribadi ini dengan kami);
  • Informasi lain yang telah Konsumen bagi kepada kami mengenai diri Konsumen (contohnya melalui halaman “Akun Saya” Konsumen, dengan menghubungi kami, ata dengan menyediakan konten Konsumen sendiri seperti foto atau ulasan, atau pertanyaan melalui fungsi komunikasi yang tersedia dalam sebagian situs/aplikasi, atau dengan berpartisipasi dalam suatu kontes, permainan, survei).
  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan spesifik yang telah Konsumen terima:
  • Untuk memasukkan ulasan atau konten Konsumen, untuk mempromosikan produk kami.
  • Untuk kepentingan statistik.

  • Persetujuan
    Untuk menggunakan kembali konten yang telah Konsumen unggah.

     
  • Kepentingan yang sah
    Untuk membantu kami lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi Konsumen sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mempromosikan pelayanan, produk, dan merek kami.

     

Konten yang Dihasilkan Pengguna

Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
  • Nama depan dan nama belakang atau nama samaran;
  • Alamat email;
  • Foto;
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Profil media sosial (di mana Konsumen menggunakan login sosial atau membagi data pribadi ini dengan Konsumen);
  • Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
  • Nama depan dan nama belakang atau nama samaran;
  • Alamat email;
  • Foto;
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Profil media sosial (di mana Konsumen menggunakan login sosial atau membagi data pribadi ini dengan Konsumen);
  • Informasi lain yang telah Konsumen bagikan dengan kami mengenai diri Konsumen (contohnya melalui halaman “Akun Saya” Konsumen, dengan menghubungi kami, atau dengan menyediakan konten Konsumen sendiri seperti foto atau ulasan, atau pertanyaan melalui fungsi komunikasi yang tersedia pada sebagian situs/aplikasi).
  • Sesuai dengan syarat dan ketentuan spesifik yang telah Konsumen terima:
  • Untuk memasukkan ulasan atau konten Konsumen, untuk mempromosikan produk kami.
  • Untuk kepentingan statistik.
     

  • Persetujuan
    Untuk menggunakan kembali konten yang telah Konsumen unggah

     
  • Kepentingan yang sah
    Untuk membantu kami lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi Konsumen sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mempromosikan pelayanan, produk, dan merek kami.

     

Penggunaan Aplikasi dan Perangkat

Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi
  • Nama depan dan nama belakang;
  • Nomor telepon;
  • Alamat email;
  • Lokasi;
  • Tanggal lahir;
  • Deskripsi atau preferensi pribadi;
  • Foto;
  • Informasi kesejahteraan meliputi warna kulit, jenis kulit/rambut;
  • Geolokasi.
Untuk:
  • Menyediakan pelayanan yang Konsumen minta (contohnya, menguji produk kami secara virtual, membeli produk kami melalui Aplikasi atau pada situs perdagangan elektronik terkait; saran dan pemberitahuan mengenai paparan Konsumen terhadap sinar matahari, perawatan rambut Konsumen);
  • Menganalisis karakteristik kesejahteraan Konsumen dan merekomendasikan produk dan perawatan yang sesuai (meliputi produk yang telah disesuaikan dengan diri Konsumen);
  • Menyediakan rekomendasi produk dan rutinitas untuk Konsumen;
  • Untuk riset dan inovasi dari ilmuan dalam Grup L’Oréal;
  • Untuk mengawasi dan meningkatkan kualitas aplikasi dan perangkat kami;
  • Untuk kepentingan statistik.

  • Pelaksanaan Kontrak
    Untuk menyediakan layanan yang Konsumen minta (meliputi ketika dibutuhkan, analisis dari tim riset dan inovasi dari algoritme yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan tersebut).

  • Kepetingan yang sah
    Untuk selalu meningkatkan kualitas produk dan layanan kami untuk mengimbangi kebutuhan dan harapan Konsumen dan untuk kepentingan riset dan inovasi.
Pertanyaan Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi
  • Nama depan dan nama belakang;
  • Nomor telepon;
  • Alamat email;
  • Informasi lain yang telah Konsumen bagikan dengan kami mengenai diri Konsumen terkait dengan pertanyaan Konsumen (yang dapat meliputi informasi kesejahteraan dan kesehatan).
  • Untuk menjawab pertanyaan Konsumen; ketika dibutuhkan, untuk menghubungi Konsumen dengan layanan yang relevan.
  • Untuk kepentingan statistik.
  • Untuk kewaspadaan kosmetik:
  • Untuk mengawasi dan mencegah akibat yang tidak diinginkan terkait dengan penggunaan produk kami;
  • Untuk melaksanakan penelitian terkait dengan penggunaan produk kami secara aman;
  • Untuk melaksanakan dan mengikuti tindakan perbaikan yang diambil, ketika dibutuhkan.
     
  • Persetujuan
    Untuk memproses pertanyaan Konsumen.

     
  • Kepentingan yang sah
    Untuk membantu kami lebih memahami kebutuhan dan ekspektasi pelanggan kami sehingga dapat meningkatkan layanan, produk, dan merek kami.

     
  • Dasar hukum
    Untuk mematuhi kewajiban hukum untuk mengawasi akibat yang tidak diinginkan dari produknya.
Sponsor Berdasarkan banyaknya interaksi Konsumen dengan kami, data tersebut dapat meliputi:
  • Nama depan dan nama belakang;
  • Nomor telepon;
  • Alamat email.
Untuk mengirimkan informasi mengenai produk kami dan/atau informasi yang tercantum dalam daftar keinginan kepada seseorang atas permintaan pihak lain.
 

  • Pelaksanaan kontrak
    Untuk memproses permintaan tersebut.

     
  • Kepentingan yang sah
    Untuk menghubungi orang tersebut berdasarkan permintaan pihak lain.

     

 

Pengambilan Keputusan Otomatis

Dalam rangka melindungi transaksi yang dilakukan melalui situs/aplikasi/perangkat kami dari penipuan dan penyalahgunaan, kami dapat menggunakan solusi dari pihak ketiga. Metode untuk melacak penipuan didasarkan pada, contohnya, perbandingan sederhana, asosiasi, pengelompokkan, prediksi dan pelacakan hal asing dengan menggunakan agen intelijen, teknik fusi data dan berbagai teknik penggalian data.

Proses deteksi penipuan ini dapat dilakukan secara otomatis sepenuhnya atau dapat melibatkan intervensi manusia di mana seseorang akan mengambil keputusan terakhir. Di kasus manapun, kami mengambil semua tindakan pencegahan dan penjagaan yang layak untuk membatasi akses kepada data Konsumen.

Sebagai hasil dari deteksi penipuan otomatis, Konsumen dapat (i) mengalami hambatan dalam proses pesanan/permintaan Konsumen ketika transaksi Konsumen sedang kami tinjau; (ii) dibatasi atau dikecualikan dari manfaat suatu layanan apabila terdapat risiko terjadinya penipuan. Konsumen berhak untuk mengakses informasi yang menjadi dasar dari keputusan kami. Silakan melihat bagian “Hak dan Pilihan Konsumen” di bawah ini.
 

Profilisasi

Ketika kami mengirimkan atau menampilkan komunikasi atau konten yang dipersonalisasi, kami mungkin menggunakan teknik yang dinamakan sebagai “profilisasi” (yaitu setiap proses yang diotomatisasi dari data pribadi yang terdiri dari penggunaan data tersebut untuk mengevaluasi aspek pribadi tertentu terkait dengan manusia, khususnya untuk menganalisis atau memprediksi aspek-aspek mengenai preferensi pribadi, minat, keadaan ekonomi, perilaku, lokasi, kesehatan, keKonsumenlan, atau gerakan manusia tersebut). Hal ini berarti kami mungkin mengumpulkan data pribadi Konsumen pada situasi-situasi berbeda yang telah dijelaskan dalam tabel di atas. Kami memusatkan data ini dan menganalisisnya untuk mengevaluasi dan memprediksi preferensi dan/atau minat pribadi Konsumen.

Berdasarkan analisis kami, kami mengirim atau menampilkan komunikasi dan/atau konten yang disesuaikan dengan minat/kebutuhan Konsumen.

Konsumen berhak untuk menolak penggunaan data Konsumen untuk “profilisasi” untuk keadaan tertentu. Silakan lihat bagian “Hak dan Pilihan Konsumen” di bawah ini.
 

Siapa yang dapat mengakses data pribadi Konsumen

Kami dapat membagi data pribadi Konsumen dalam Grup L’Oréal termasuk namun tidak terbatas dalam rangka mematuhi kewajiban hukum kami, mencegah terjadinya penipuan dan/atau mengamankan peralatan kami, meningkatkan kualitas produk dan layanan kami, atau setelah mendapatkan persetujuan Konsumen untuk melakukannya.

Bergantung pada tujuan dikumpulkannya data tersebut, dan atas dasar butuh-untuk-diketahui semata, beberapa data pribadi Konsumen dapat diakses oleh entitas Grup L’Oréal di dunia, di mana kemungkinan dengan samaran (tanpa identifikasi langsung), dan ketika dibutuhkan untuk menyediakan layanan yang Konsumen minta.

Kami juga dapat membagi data pribadi Konsumen secara disamarkan (tanpa identifikasi langsung) dengan ilmuwan Riset dan Inovasi L’Oréal, meliputi mereka yang terletak di luar Indonesia, untuk kepentingan riset dan inovasi.

Ketika diizinkan, kami juga dapat membagi data pribadi Konsumen termasuk data yang dikumpulkan melalui Kuki di antara merek-merek kami dalam rangka menyelaraskan dan memperbarui informasi yang Konsumen bagi dengan kami, untuk melaksanakan statistik berdasarkan karakteristik Konsumen dan untuk menyesuaikan komunikasi kami.

Mohon kunjungi situs Grup L’Oréal, untuk keterangan lebih lanjut mengenai Grup, merek, dan lokasi L’Oréal.

Kami dapat membagi data pribadi Konsumen untuk kepentingan pemasaran dengan pihak ketiga atau entitas dari Grup L’Oréal.

Kami hanya membagikan data pribadi Konsumen dengan pihak ketiga untuk tujuan pemasaran langsung dengan persetujuan Konsumen. Dalam konteks ini, data Konsumen diproses oleh pihak ketiga tersebut, yang bertindak sebagai pengendali data, dan syarat dan ketentuan serta pemberitahuan privasi pihak ketiga tersebut berlaku. Konsumen harus hati-hati memeriksa dokumentasi mereka sebelum menyetujui pengungkapan informasi Konsumen kepada pihak ketiga tersebut.

Data pribadi Konsumen juga dapat diproses atas nama kami oleh penyedia pihak ketiga kami yang tepercaya.

Kami dapat mengandalkan pihak ketiga yang terpercaya untuk melaksanakan berbagai operasi bisnis atas nama kami. Kami hanya menyediakan mereka dengan informasi yang mereka butuhkan saja untuk melaksanakan tugasnya, dan kami mewajibkan mereka untuk tidak menggunakan data pribadi Konsumen untuk tujuan lain. Kami selalu memberikan usaha terbaik untuk memastikan bahwa pihak ketiga yang bekerja dengan kami akan menyimpan data pribadi Konsumen dengan aman. Contohnya, kami mungkin menggunakan layanan yang mewajibkan pengolahan data pribadi Konsumen yaitu:


i.    Pihak ketiga yang mendampingi dan membantu kami dalam menyediakan layanan digital dan e-commerce seperti pendengaran sosial, pencari toko, program loyalitas, manajemen identitas, peringkat dan ulasan, CRM, analisis web dan mesin pencari, alat kurasi konten yang dibuat pengguna;
ii.    Agen periklanan, pemasaran, digital dan media sosial untuk membantu kami menyampaikan iklan, pemasaran, dan kampanye, untuk menganalisis keefektifannya, dan untuk mengelola kontak dan pertanyaan Konsumen;
iii.    Pihak ketiga harus mengirimkan produk kepada Konsumen, mis. layanan pos/pengiriman;
iv.    Pihak ketiga yang mendampingi dan membantu kami dalam menyediakan layanan TI, seperti penyedia platform, layanan hosting, pemeliharaan dan dukungan pada basis data kami serta pada perangkat lunak dan aplikasi kami yang mungkin berisi data tentang Konsumen (layanan semacam itu terkadang dapat menyiratkan akses ke data Konsumen untuk melakukan tugas yang diperlukan);
v.    Penyedia layanan pembayaran dan agen referensi kredit untuk tujuan menilai skor kredit Konsumen dan memverifikasi detail Konsumen di mana ini merupakan syarat untuk membuat kontrak dengan Konsumen;
vi.    Pihak ketiga yang membantu kami untuk tujuan perawatan pelanggan dan tata rias wajah.

Kami dapat mengungkapkan data pribadi Konsumen kepada pihak ketiga:

i.    Ketika kami menjual bisnis atau aset apapun, di mana kami mungkin mengungkapkan data pribadi Konsumen ke calon pembeli dari bisnis atau aset tersebut. Apabila L’Oréal atau bagian dari asetnya diakuisisi oleh pihak ketiga, maka data pribadi pelanggan yang dipegang olehnya terkait dengan aset adalah salah satu aset yang dialihkan. Ketika sesuai, dalam kasus tersebut, pembeli bertindak sebagai pengendali data yang baru akan memproses data Konsumen dan kebijakan privasinya yang akan mengatur pengolahan data pribadi Konsumen.
ii.    Apabila kami berkewajiban untuk mengungkapkan atau membagi data pribadi Konsumen untuk mematuhi kebijakan hukum, atau untuk memberlakukan atau mengaplikasikan syarat penggunaan atau syarat dan ketentuan lain kami yang telah Konsumen setujui; atau untuk melindungi hak, kekayaan, atau keamanan dari L’Oréal, pelanggan kami, atau pekerja.
iii.    Apabila kami mempunyai persetujuan Konsumen untuk melakukan hal tersebut
iv.    Atau apabila kami diizinkan oleh hukum.

Kami dapat mengungkapkan data pribadi Konsumen kepada rekan kami:

i.    Ketika Konsumen berlangganan layanan yang dibuat bersama oleh L’Oréal dan rekan lain (contohnya, aplikasi yang dibuat bersama). Dalam kasus tersebut, L’Oréal dan rekan tersebut memproses data pribadi Konsumen sesuai dengan tujuan mereka masing-masing dan dengan demikian data Konsumen diproses:

a.    Oleh L’Oréal sesuai dengan Kebijakan Privasi ini;
b.    Oleh rekan yang juga bertindak sebagai pengendali data sesuai dengan syarat dan ketentuan mereka sendiri dan sesuai dengan kebijakan privasi mereka sendiri.

ii.    Ketika Konsumen setuju untuk menerima komunikasi pemasaran dan komersial dari rekan L’Oréal melalui opsi masuk khusus (contohnya, melalui Aplikasi bermerek L’Oréal dan disediakan untuk rekannya). Dalam kasus tersebut, maka, kecuali ditentukan lain, data Konsumen diproses oleh rekan yang bertindak sebagai pengendali data sesuai dengan syarat dan ketentuannya sendiri, dan sesuai dengan kebijakan privasinya.
iii.    Kami dapat mempublikasikan konten dukungan kami dari jejaring sosial. Jika Konsumen melihat konten dari jejaring sosial di situs web/aplikasi kami, Kuki dari jejaring sosial tersebut dapat disimpan di perangkat Konsumen. Kami mengundang Konsumen untuk membaca Kebijakan Kuki dari jejaring sosial ini untuk informasi lebih lanjut;
iv.    Saat kami menggunakan layanan iklan Google di situs web/aplikasi kami, Google akan mengakses dan menggunakan data pribadi Konsumen. Jika Konsumen ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara Google menggunakan data pribadi Konsumen dalam konteks ini, silakan lihat Privasi & Persyaratan Google mereka, yang mengatur layanan dan pemrosesan data ini.

Informasi yang dikumpulkan dan dibagikan Facebook dengan kami

Semua fitur dan layanan Facebook yang tersedia di situs web/aplikasi kami diatur oleh Kebijakan Data Facebook, di mana Konsumen bisa mendapatkan info lebih lanjut tentang hak privasi dan opsi pengaturan Konsumen.

Dengan menggunakan situs web/aplikasi ini, Konsumen dapat:
i.    Daftar dengan login Facebook Konsumen. Jika Konsumen melakukannya, Konsumen setuju untuk membagikan beberapa informasi profil publik Konsumen dengan kami;
ii.    Gunakan plug-in sosial Facebook, seperti "suka" atau "berbagi" konten kami di platform Facebook;
iii.    Terima kuki dari situs web/aplikasi ini (juga diidentifikasikan sebagai "Piksel Facebook") yang akan membantu kami memahami aktivitas Konsumen, termasuk informasi tentang perangkat Konsumen, cara Konsumen menggunakan layanan kami, pembelian yang Konsumen lakukan, dan iklan yang Konsumen lihat, apakah Konsumen atau bukan Konsumen memiliki akun Facebook atau masuk ke Facebook. Saat Konsumen menggunakan fitur Facebook tersebut, kami mengumpulkan data yang membantu kami untuk:

a.    Menunjukkan Konsumen iklan yang mungkin Konsumen tertarik di Facebook (atau Instagram, Messenger atau layanan Facebook lainnya);
b.    Mengukur dan menganalisis keefektifan situs/aplikasi dan iklan kami

Kami juga dapat menggunakan informasi pribadi yang Konsumen berikan kepada kami di situs web/aplikasi ini (seperti nama dan nama keluarga, email, alamat, jenis kelamin, dan nomor telepon Konsumen) untuk mengidentifikasi Konsumen di Facebook (atau Instagram, Messenger atau layanan Facebook lainnya) secara berurutan untuk menampilkan iklan yang lebih relevan untuk Konsumen. Saat melakukan ini, Facebook tidak akan membagikan informasi pribadi Konsumen dan akan segera menghapus informasi tersebut setelah proses pencocokan selesai.

Kami tidak menawarkan atau menjual data pribadi Konsumen.

Di mana Kami Menyimpan Data Pribadi Konsumen

Data yang kami kumpulkan dari Konsumen disimpan di tempat penyimpanan yang aman dan sah.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami sesuai bagian "Kontak" di bawah ini.

Berapa Lama Kami Menyimpan Data Pribadi Konsumen

Kami hanya menyimpan data pribadi Konsumen selama kami membutuhkannya untuk tujuan kami menyimpan data pribadi Konsumen, untuk memenuhi kebutuhan Konsumen, atau untuk mematuhi kewajiban hukum kami.

Untuk menentukan periode penyimpanan data Konsumen, kami menggunakan kriteria berikut:

i.    Di mana Konsumen membeli produk dan layanan, kami menyimpan data pribadi Konsumen selama hubungan kontraktual kita;
ii.    Di mana Konsumen berpartisipasi dalam penawaran promosi, kami menyimpan data pribadi Konsumen selama penawaran promosi;
iii.    Saat Konsumen menghubungi kami untuk pertanyaan, kami menyimpan data pribadi Konsumen selama durasi yang diperlukan untuk memproses pertanyaan Konsumen;
iv.    Di mana Konsumen membuat akun, kami menyimpan data pribadi Konsumen sampai Konsumen meminta kami untuk menghapusnya atau setelah periode tidak aktif (tidak ada interaksi aktif dengan merek) yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan pedoman setempat;
v.    Jika Konsumen telah menyetujui pemasaran langsung, kami menyimpan data pribadi Konsumen sampai Konsumen berhenti berlangganan atau meminta kami untuk menghapusnya atau setelah periode tidak aktif (tidak ada interaksi aktif dengan merek) yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan panduan setempat;
vi.    Jika kuki ditempatkan di komputer Konsumen, kami menyimpannya selama diperlukan untuk mencapai tujuannya (misalnya selama sesi kuki keranjang belanja atau kuki ID sesi) dan untuk jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan peraturan dan panduan setempat.

Kami dapat menyimpan data pribadi untuk mematuhi kewajiban hukum kami, serta agar kami dapat mengelola hak kami (contohnya untuk mengajukan tuntutan ke Pengadilan), atau untuk kepentingan statistik atau historis.

Ketika kami tidak lagi membutuhkan data pribadi Konsumen, data tersebut akan dihapus dari sistem dan catatan kami atau disamarkan agar Konsumen tidak lagi dapat diidentifikasi dari data itu.

Apakah Data Pribadi Konsumen Aman?

Kami berkomitmen untuk menyimpan data pribadi Konsumen dengan aman, dan melakukan segala tindakan pencegahan yang wajar. Kami secara kontraktual mewajibkan pihak ketiga (apabila ada) yang menangani data pribadi Konsumen untuk melakukan hal yang sama.

Kami selalu memberikan usaha terbaik untuk melindungi data pribadi Konsumen dan ketika kami sudah menerima data pribadi Konsumen, kami menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan untuk mencegah akses yang tidak sah. Karena transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman, kami tidak dapat menjamin perlindungan data Konsumen yang ditransmisikan ke situs kami. Dengan demikian, transmisi apapun merupakan risiko yang harus Konsumen tanggung.

Tautan ke Situs Pihak Ketiga dan Login Sosial

Situs dan aplikasi kami dari waktu ke waktu dapat mengandung tautan ke dan dari situs dari rekan jaringan, pengiklan, dan afiliasi kami. Apabila Konsumen mengikuti suatu tautan ke situs tersebut, harap diingat bahwa situs tersebut memiliki kebijakan privasinya masing-masing dan kami tidak bertanggung jawab atas kebijakan tersebut. Silakan memeriksa kebijakan ini sebelum Konsumen memasukan data pribadi Konsumen ke situs-situs tersebut.

Kami juga dapat menawarkan Konsumen kesempatan untuk menggunakan login media sosial Konsumen. Apabila Konsumen menggunakannya, harap Konsumen ketahui bahwa Konsumen membagi informasi profil Konsumen dengan kami berdasarkan pengaturan sarana media sosial Konsumen. Silakan mengunjungi sarana media sosial yang relevan dan meninjau kebijakan privasi untuk memahami bagaimana cara data pribadi Konsumen dibagi dan digunakan dalam konteks ini.

Media Sosial dan Konten yang Dihasilkan oleh Pengguna

Sebagian situs dan aplikasi kami memperbolehkan pengguna untuk memasukkan konten mereka sendiri. Harap diingat bahwa setiap konten yang dimasukkan ke salah satu sarana media sosial kami dapat dilihat oleh umum, sehingga Konsumen harus berhati-hati dalam memberikan data pribadi tertentu seperti informasi keuangan atau rincian alamat. Kami tidak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh orang lain apabila Konsumen memasukkan data pribadi Konsumen ke salah satu sarana media sosial kami dan kami merekomendasikan Konsumen untuk tidak membagikan informasi tersebut.

 

5. HAK DAN PILIHAN KONSUMEN

L’Oreal menghormati hak atas privasi yang Konsumen miliki: penting bagi Konsumen untuk mengendalikan data pribadi Konsumen. Konsumen memiliki hak sebagai berikut:

Hak

Apa artinya?

Hak untuk diberitahu

Konsumen berhak untuk mendapatkan informasi yang jelas, transparan, dan mudah dimengerti mengenai bagaimana cara kami menggunakan data pribadi Konsumen, serta hak yang Konsumen miliki. Inilah mengapa kami menyediakan Konsumen dengan informasi yang ada dalam Kebijakan ini.

Hak atas akses

Konsumen berhak untuk mengakses data pribadi yang kami simpan tentang Konsumen (tunduk pada batasan tertentu).
Kami mungkin mengenakan biaya yang wajar dengan memperhitungkan biaya administratif dari penyediaan informasi tersebut.
Permintaan yang secara nyata tidak berdasar, berlebihan atau repetitif mungkin tidak kami tanggapi.

Hak atas rektifikasi

Konsumen berhak atas perbaikan data pribadi Konsumen apabila terdapat kesalahan atau merupakan data lama dan/atau melengkapinya apabila tidak lengkap.

Untuk melakukan hal ini, Konsumen dapat menghubungi kami pada rincian di bawah ini. Jika Konsumen memiliki akun, akan lebih mudah bagi Konsumen untuk membetulkan sendiri data Konsumen melalui fungsi “Akun Saya”.

Hak atas penghapusan/hak untuk dilupakan

Dalam kasus tertentu, Konsumen berhak untuk meminta agar data pribadi Konsumen dihapus. Harap diingat bahwa ini bukan merupakan hak absolut, karena kami memiliki dasar hukum atau dasar yang sah untuk menahan data pribadi Konsumen.
Jika Konsumen ingin kami untuk menghapus data pribadi Konsumen, silakan hubungi kami pada rincian di bawah ini.

Hak untuk menolak pemasaran langsung, termasuk profilisasi

Konsumen dapat berhenti berlangganan atau keluar dari komunikasi pemasaran langsung kami pada setiap waktu.
Cara paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan mengklik tautan “berhenti berlangganan” di setiap email atau komunikasi yang kami kirimkan untuk Konsumen. Jika tidak, Konsumen dapat menghubungi kami pada rincian di bawah ini.

Jika Konsumen ingin menolak profilisasi, silakan menghubungi kami pada rincian di bawah ini.

Hak untuk menarik persetujuan pada setiap waktu untuk pengolahan data berdasarkan persetujuan

Konsumen dapat menarik persetujuan Konsumen terhadap pengolahan data Konsumen ketika pengolahan tersebut didasarkan pada persetujuan. Penarikan persetujuan tersebut tidak mempengaruhi keabsahan pengolahan berdasarkan persetjuan sebelum penarikannya. Kami merujuk pada tabel yang ada pada bagian “data apa saja yang kami kumpulkan dari Konsumen dan bagaimana cara kami menggunakan data tersebut” khususnya kolom “apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?” untuk mengidentifikasi di mana pengolahan kami didasarkan pada persetujuan.

Hak untuk menolak pengolahan berdasarkan kepentingan yang sah

Konsumen dapat setiap waktu menolak pengolahan data Konsumen apabila pengolahan tersebut didasarkan pada kepentingan yang sah. Kami merujuk pada tabel di bagian “data apa saja yang kami kumpulkan dari Konsumen dan bagaimana cara kami menggunakan data tersebut” khususnya kolom “apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?” untuk mengidentifikasi pengolahan kami yang didasarkan pada kepentingan yang sah.

Untuk melakukan hal tersebut, silakan hubungi kami pada rincian di bawah ini.

Hak untuk mengajukan keluhan dengan kewenangan pengawasan

Konsumen berhak untuk menghubungi pihak berwenang di bidang perlindungan data negara Konsumen untuk mengajukan keluhan terhadap perlindungan data dan praktik privasi L’Oréal.

Jangan ragu untuk menghubungi kami pada kontak di bawah ini sebelum mengajukan keluhan apa pun kepada otoritas perlindungan data yang kompeten.

Hak atas portabilitas data

Konsumen berhak untuk memindahkan, menyalin atau mentransfer data dari basis data kami ke basis data lainnya. Hal ini hanya berlaku untuk data yang Konsumen sediakan, di mana pengolahan didasarkan pada sebuah kontrak atau persetujuan Konsumen, dan pengolahan dilakukan secara otomatis. Kami merujuk pada tabel di bagian “data apa saja yang kami kumpulkan dari Konsumen dan bagaimana cara kami menggunakan data tersebut” khususnya kolom “apakah dasar hukum dari penggunaan data pribadi Konsumen?” untuk mengidentifikasi pengolahan kami yang didasarkan pada pelaksanaan suatu kontrak atau persetujuan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kami pada rincian di bawah ini.

Hak atas pelarangan

Konsumen berhak untuk meminta pelarangan terhadap pengolahan data Konsumen oleh kami. Hak ini berarti pengolahan data Konsumen oleh kami dilarang, sehingga kami dapat menyimpannya, akan tetapi tidak dapat memprosesnya lebih lanjut.

Hak untuk menon-aktifkan Kuki

Konsumen berhak untuk menon-aktifkan Kuki. Pengaturan dari penelusur web umumnya diprogram secara otomatis untuk menerima Kuki, akan tetapi Konsumen dapat dengan mudah mengubahnya dengan mengganti pengaturan penelusur web Konsumen.
Banyak kuki digunakan untuk meningkatkan penggunaan atau fungsionalitas dari situs/aplikasi; sehingga menon-aktifkan kuki dapat menghalangi Konsumen untuk menggunakan bagian tertentu dari situs/aplikasi kami yang telah dijelaskan pada Tabel Kuki yang relevan.
Jika Konsumen ingin membatasi atau memblok semua kuki yang ditetapkan oleh situs/aplikasi kami (yang dapat menghalangi Konsumen untuk menggunakan bagian tertentu dari situs tersebut), atau situs/aplikasi lain, Konsumen dapat melakukannya melalui pengaturan penelusur web Konsumen. Konsumen dapat menemukan caranya pada fungsi Bantuan penelusur web Konsumen. Untuk informasi lebih lanjut silakan mengunjungi tautan berikut:

http://www.aboutcookies.org/

 

 

Untuk menangani permintaan Konsumen, kami mungkin meminta bukti identitas Konsumen.

6. KONTAK

Apabila Konsumen memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang bagaimana kami memperlakukan dan menggunakan data pribadi Konsumen, atau ingin menggunakan hak Konsumen di atas, silakan hubungi kami di consumeradvisory@loreal.com.
 

 

Pesan orientasi
Untuk pengalaman terbaik, harap putar perangkat Anda